Karakter dan Animasi 3D | Pemrograman Permainan dengan UNITY

 

Buatlah Project 3D baru di Unity. Import package Standard-Asset, kemudian tambahkan sebuah Terrain yang memiliki texture rumput.

Baca materi sebelumnya jika lupa bagaimana melakukan import dan membuat Terrain dengan texture rumput.



Cari folder Characters pada Assets, pilih folder ThirdPersonCharacter, pilih Prefabs dan masukkan prefab ThirdPersonController ke dalam Scene.

Akan ada sesosok laki-laki berambut rancung yang seluruh kulit dan bajunya berwarna abu-abu. Namanya adalah Ethan, ia adalah salah satu model bawaan Unity yang texturenya memang sengaja dihilangkan.



Selanjutnya tambahkan prefabs FreeLookCameraRig yang bisa didapatkan pada folder Prefabs di dalam folder Cameras. Sebelumnya, hapus dulu object Main Camera pada Hierarchy karena fungsi kamera akan kita ganti menggunakan FreeLookCameraRig ini.



Klik prefabs FreeLookCameraRig dan pada parameter Target, drag ThirdPresonController alias karakter Ethan.



Silahkan coba jalankan game, gerakkan karakter Ethan dengan keyboard dan kamera akan secara ‘otomatis’ mengikuti dari belakang.

Ini adalah dasar pergerakan 3D dalam Unity, bagaimana jika yang akan digerakkan itu adalah karakter buatan sendiri? itu yang akan kita bahas selanjutnya.


Itu saja yang dapat saya sampaikan. Silahkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan.

Mampir juga ke web Universitas Budi Luhur: www.budiluhur.ac.id

Universitas Terbaik di Jakarta ðŸ˜„

Komentar

Channel YouTube LEARN_NET17

Popular Posts

Cara Install Tools-MR.N17 di Termux

Pengertian Jaringan Peer To Peer (P2P)

WhatsApp Special Edition ROG (Republic of Gamers)