Karakter dan Animasi 3D | Pemrograman Permainan dengan UNITY
Buatlah
Project 3D baru di Unity. Import package Standard-Asset, kemudian tambahkan
sebuah Terrain yang memiliki texture rumput.
Baca materi
sebelumnya jika lupa bagaimana melakukan import dan membuat Terrain dengan
texture rumput.
Cari folder
Characters pada Assets, pilih folder ThirdPersonCharacter, pilih Prefabs
dan masukkan prefab ThirdPersonController ke dalam Scene.
Akan ada
sesosok laki-laki berambut rancung yang seluruh kulit dan bajunya berwarna
abu-abu. Namanya adalah Ethan, ia adalah salah satu model bawaan Unity yang
texturenya memang sengaja dihilangkan.
Selanjutnya
tambahkan prefabs FreeLookCameraRig yang bisa didapatkan pada folder Prefabs di
dalam folder Cameras. Sebelumnya, hapus dulu object Main Camera pada Hierarchy
karena fungsi kamera akan kita ganti menggunakan FreeLookCameraRig ini.
Klik prefabs
FreeLookCameraRig dan pada parameter Target, drag ThirdPresonController alias
karakter Ethan.
Silahkan coba
jalankan game, gerakkan karakter Ethan dengan keyboard dan kamera akan secara
‘otomatis’ mengikuti dari belakang.
Ini adalah dasar pergerakan 3D dalam Unity, bagaimana jika yang akan digerakkan itu adalah karakter buatan sendiri? itu yang akan kita bahas selanjutnya.
Itu saja yang dapat saya sampaikan. Silahkan komentar
jika ada yang ingin ditanyakan.
Mampir juga ke web Universitas Budi
Luhur: www.budiluhur.ac.id
Universitas Terbaik di
Jakarta 😄
Komentar
Posting Komentar