Assests, Scene, dan Script | Pemrograman Permainan menggunakan Unity

Assalamualaikum sobat setia Learn_Net17, kembali lagi nih dengan saya Bayu Setiawan, Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tutorial tentang penggunaan dasar unity yaitu ASSETS, SCENES DAN SCRIPT, yang sebagai mana pemenuhan tugas mata kuliah Pemrograman Permainan di Univ.Budi Luhur.

Langsung aja ya ke pembahasan    

Pertama buka terlebih dahulu Unity Hubnya masuk dengan akun Unity, Jika belum memiliki bisa menggunakan akun google atau bisa menggunakan unity tanpa Sign In terlebih dahulu. Keuntungan dengan Sign In jika sewaktu waktu kita ingin membuka Unity di perangkat yang berbeda data pada perangkat lain tetap dapat di gunakan.

Setelah berhasil login kemudian klik new untuk membuat projek baru, lalu tentukan nama projek, lokasi penyimpanan, dan template yang akan di gunakan 2D atau 3D.

Pengenalan Interface Unity



Sebelum menuju ke pembahasan ada baiknya kita mengenali interface dan bagian-bagiannya :

  • Hierarchy Window adalah tempat untuk melihat daftar GameObject apa saja yang ada di dalam scene, dimana setiap objek yang ada di scene pasti masuk di Hierarchy.
  • Scene View adalah tempat untuk melihat secara keseluruhan objek yang digunakan di game dan juga dapat digunakan untuk mengedit objek, baik itu dalam hal posisi, rotasi maupun skala.
  • Toolbar adalah alat-alat yang digunakan untuk memanipulasi Scene View dan objek-objek di dalamnya. Fungsinya beragam, yakni dari memindahkan posisi, rotasi, hingga skala.
  • Game View digunakan untuk melihat hasil dari game yang nantinya akan ditampilkan di layar user sekaligus tempat untuk testing game.
  • Inspector Window digunakan untuk mengedit semua properties pada objek yang aktif.
  • Project Window digunakan untuk menampilkan daftar asset yang dapat digunakan dalam project. Ketika menambahkan asset baru maka akan muncul di Project Window.
  • Console Window digunakan untuk mengetahui log dalam script serta informasi error dan peringatan yang ada di dalam script.

Pengaturan Assets

Pada Project Window kita dapat mengelola file yang akan kita gunakan selama pembuatan Game. File yang sering digunakan diantaranya Scenes, Script, Gambar, Audio, dll.

Selain file, kita dapat mengatur folder supaya penempatan file lebih rapi. Umumnya file scenes akan disimpan dalam satu folder scenes, file script disimpan dalam satu folder script, dst.


Membuat folder pada Assets

Untuk membuat folder pada Assets bisa dengan cara: Klik kanan pada AssetsCreate > Folder. lalu beri nama pada folder sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya buatlah folder scripts.


Membuat Script

Membuat file script bisa dengan cara: Klik kanan pada Assets/folder lain yang ada di script, Create > C# Script. lalu beri nama file script tersebut. Misalnya buatlah file HelloWorld.cs. 


Untuk menambahkan atau mengganti software editor untuk mengedit scriptnya bisa dengan cara: Edit > Preferences > External Tools > Browse…
*disini saya menggunakan Visual Studio Code


Selanjutnya edit script HelloWorld.cs tadi menjadi seperti gambar diatas.

*Untuk daftar prosedur dan fungsi lengkap yang ada pada kelas MonoBehaviour, silakan klik DISINI :


Lalu drag and drop file script HelloWorld.cs ke Main Camera di Hierarchy Window

Pastikan script HelloWorld.cs telah masuk ke GameObject Main Camera dan menjadi komponen baru bagi Main Camera dengan melihat Inspector.


Klik tombol Play, maka akan muncul di jendela Console seperti di samping.

Jika diklik salah satu list yang ada di console, akan muncul info detil dari informasi nama berkas (file) script hingga baris kode tersebut.

klik tombol play kembali untuk menghentikan jalannya game.

Komentarlah jika ada yang ingin di tanyakan.

jangan lupa juga mampir ke WEB UNIVERSITAS BUDI LUHUR.

SEKIAN DARI PENJELASAN HARI INI...TERIMAKSIH

Komentar

Posting Komentar

Channel YouTube LEARN_NET17

Popular Posts

Cara Install Tools-MR.N17 di Termux

Pengertian Jaringan Peer To Peer (P2P)

WhatsApp Special Edition ROG (Republic of Gamers)